Strategi Menghadapi Gempuran COVID 19

Pemerintah akan membuat perppu agar Bank Indonesia bisa membali surat utang negara yg disalurkan ke bank2 pemerintah sehingga bank2 pemerintah akan menyalurkan dana kredit dengan bunga murah asalkan perusahaan tidak mem-PHK karyawan dan upah pekerja tidak dipotong.

Strategi menghadapi gempuran covid 19 dgn mempertahankan industri dan agar pekerja tetap bekerja dan upah tdk dipotong harus dan kudu didukung dgn dialog sosial yg berkualitas antara SP SB dan Pengusaha.

Selain itu, upaya pemerintah untuk mendukung daya beli pekerja yang ter-PHK dengan mendapat bantuan dari BPJAMSOSTEK juga harus didukung seluruh pekerja dan SP SB sehingga kawan2 kita yg ter PHK tetap mampu hidup dalam kondisi kelesuan ekonomi. Dana pekerja di BPJAMSOSTEK dimanfaatkan utk membantu pekerja yang ter PHK.

Peran Kartu PraKerja yg direfokusing untuk mendukung daya beli pencari kerja juga sangat baik. Pemerintah akan mempercepat penyaluran Kartu Pra-Kerja di tengah wabah Covid-19. Rencananya, penerima akan mendapat Rp 1 juta setiap bulannya selama 3-4 bulan.

OPSI sangat mendukung dan mengapresiasi upaya2 Pemerintah ini sehingga korban covid 19 ini dari sisi ekonomi bisa diminimalisir.

Semoga upaya2 ini segera direalisasikan mengingat sudah banyak pekerja yg terpapar secara ekonomi oleh covid 19, selain juga tentunya sudah banyak yg terdampak kesehatannya.

Tabik

24 Maret 2020

Timboel Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *