Rancang Bangun Sistem Layanan Laboratorium Lingkungan pada Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

Pendahuluan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) merupakan lembaga yang mempunyai tugas membantu pemerintah daerah dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Lingkungan.

Dinas Lingkungan Hidup termasuk DLH Jawa Timur memiliki banyak tugas dan fungsi.

Salah satu fungsinya adalah pengujian dan analisis secara laboratorium untuk seluruh komponen lingkungan, baik itu kandungan air tanah, air permukaan, air limbah, udara ambien, udara emisi, limbah B3 (limbah padat, slurry, cairan) dan lain-lain yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan DLH

Sampel pengujian bisa berasal dari tim penguji DLH Provinsi Jatim sendiri maupun permintaan dari pihak lain. Hasil dari pengujian ini berupa sertifikat yang berisi parameter yang diujikan, hasil analisis, dan keterangan apakah parameter yang ada di sampel melampaui kadar yang seharusnya.

Hasil dari pengujian ini bisa menentukan kebijakan pada komponen lingkungan tersebut, maka dari itu kesalahan dari hasil analisis harus diminimalkan seminimal mungkin.

Tinjauan Pusaka
A. Jenis Sampel di UPT Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Jawa Timur

Sampel merupakan komponen lingkungan yang akan diujikan. Jenis sampel yang diujikan di UPT Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Jawa Timur meliputi:

  1. Air Limbah Industri (ALI)
  2. Air Bersih (AB)
  3. Air Badan Air (ABA)
  4. Air Minum (AM)
  5. Sedimen Limbah Industri (SLI)
  6. Air Laut (AL)
  7. Udara Emisi (UE)
  8. Udara Ambient (UA)
B. Parameter Sampel

Parameter menurut KBBI adalah ukuran atau patokan yang digunakan terhadap suatu kondisi. Parameter yang ditangani oleh UPT Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Jawa Timur dapat dilihat pada gambar berikut:

C. Baku Mutu Sampel

Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan bahwa baku mutu lingkungan hidup adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi atau komponen yang ada atau harus ada dan/atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.

Baku mutu adalah besaran, kadar dan deskripsi parameterparameter, kategori kimia anorganik, kimia organik, biologi, fisik dan radioaktif yang digunakan sebagai persyaratan bagi perlindungan dan pengembangan lingkungan menurut peruntukannya, dan telah ditetapkan melalui peraturan perundang-undangan .

D. Alur Kerja Pengujian Sampel

Pada Gambar dibawah memperlihatkan alur kerja UPT Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Jawa Timur. Terdapat 4 aktor yang terlibat dalam pengujian, yaitu Front
office
, Analisis, Penyelia, dan Manajer Teknis.

E. Analysis and Design of Groundwater Quality Monitoring Application

Analysis and Design of Groundwater Quality Monitoring Application merupakan salah satu penelitian yang terkait dengan aplikasi studi ini.

F. PHP (Hypertext Processor)

PHP adalah bahasa pemrograman yang mengelola web service yang menggunakan protokol HTTP.

Web service ini dibuat agar bisa dipanggil atau diakses oleh aplikasi lain melalui internet dengan menggunakan format pertukaran data sebagai format pengiriman pesan.

Secara singkatnya PHP ini digunakan untuk menghubungkan database dengan java script aplikasi tersebut. Sedangkan PHP bisa terhubung dengan java jika ada JSON Parser. File PHP ini berisi query untuk mengolah database yang akan di proses pada aplikasi.

G. MySQL

MySQL adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System). Pengertian sederhana RDBMS adalah: aplikasi database yang menggunakan prinsip
relasional
. MySQL bersifat gratis dan open source.

H. Laravel

Laravel adalah kerangka kerja pemrograman untuk aplikasi berbasis web. Laravel memiliki sintaksis yang ekspresif dan elegan.

Kerangka kerja ini berusaha untuk menyingkirkan hal hal yang menyusahkan dalam pengembangan dengan mempermudah pekerjaan-pekerjaan umum yang sering digunakan pada mayoritas aplikasi web.

Hal-hal umum tersebut di antaranya adalah authentication, routing, pengaturan session, dan caching.

Keunggulan Laravel daripada kerangka kerja lain antara lain:

  1. Coding yang simpel
  2. Tersedia generator canggih dan memudahkan seperti artisan CLI
  3. Fitur Schema Builder untuk berbagai database
  4. Fitur Migration dan Seeding untuk berbagai database
  5. Fitur Query Builder
  6. Elequent ORM
  7. Fitur pembuatan package dan bundle
Analisis dan Perancangan Sistem
A. Deskripsi Umum Sistem

Perangkat lunak yang dibangun pada studi ini bernama Sistem Layanan Laboratorium Lingkungan UPT DLH Provinsi Jawa Timur. Perangkat lunak ini berbasis web. Proses utama dari perangkat lunak ini dapat dilihat pada Gambar dibawah:

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran
    Proses ini front office bertujuan untuk mendaftarkan sampel yang akan diuji
  2. Analisis
    Ketika front office menyimpan data pendaftaran. Maka sistem akan melakukan pembagian kerja secara otomatis, yaitu mencari dan membandingkan beban kerja analisis yang bertugas menganalisis parameter uji yang dipilih pada proses pendaftaran.
  3. Validasi
    Proses validasi dibagi dua tahap, yaitu validasi oleh penyelia dan validasi oleh manajer teknis.
  4. Cetak Sertifikat
    Daftar sertifikat akan keluar ketika hasil analisis telah disetujui oleh manajer teknis.
Usecase Diagram

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap beberapa stakeholder yang terkait dengan prosedur pengujian, sistem layanan ini memiliki kegunaan antara lain:

  1. Mengelola data
  2. Menangani daftar penugasan
  3. Menangani hasil analisis
  4. Menangani notifikasi kepada analisis
  5. Menangani pengunduhan tanda terima
  6. Menangani pengunduhan sertifikat hasil analisis sampel
  7. Menangani total harga
  8. Menangani validasi
  9. Menangani riwayat pengujian pelanggan
  10. Menangani laporan sampel yang masuk per hari, bulan dan tahun
  11. Menangani laporan pemasukan per hari, bulan dan tahun
  12. Menangani Laporan keterlambatan analis

Diagram kegunaan dapat dilihat pada gambar dibawah.

C. Perancangan Arsitektur Sistem

Arsitektur yang digunakan dalam pembuatan sistem layanan ini menggunakan arsitektur framework Laravel berbasis MVC (Model – View – Controller). Ilustrasi arsitektur Laravel dapat dilihat pada gambar dibawah.

Implementasi

Implementasi yang dilakukan menggunakan arsitektur MVC (Model-View-Controller), sehingga sistem yang dibuat memiliki lapisan-lapisan yang direpresentasikan dalam kelas.

Yaitu view sebagai lapisan antarmuka pengguna, controller sebagai tempat untuk menerima request yang dikirim oleh aplikasi client atau browser, model sebagai tempat untuk melakukan pengelolaan terhadap basis data.

Berikut ditampilkan source code implementasi pada bagian controller yang dapat dilihat pada Kode Sumber dibawah.

Pengujian dan Hasil

Pengujian yang dilakukan merupakan pengujian fungsionalitas dan non fungsionalitas yang menggunakan metode blackbox. Metode blackbox merupakan metode dimana pengujian ditekankan pada pola input dan output yang sesuai dengan skenario.

Pengujian dilakukan dengan mengacu kasus penggunaan yang telah dijelaskan pada bab analisis dan perancangan sistem.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan kepada responden yaitu pihak UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, diketahui bahwa semua kebutuhan fungsional yang ada telah berjalan sesuai skenario.

Kesimpulan/Ringkasan

Dari hasil uji coba yang telah dilakukan terhadap pembuatan Sistem Layanan UPT Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Jawa Timur, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Sistem Layanan Laboratorium Lingkungan berbasis web berhasil dirancang dan diimplementasikan untuk menangani data uji laboratorium secara terintegrasi untuk semua jenis pengguna pada UPT Laboratorium Lingkungan DLH
    Provinsi Jawa Timur.
  2. Sistem Layanan Laboratorium Lingkungan ini berhasil
    membangkitkan baku mutu dan parameter berdasarkan jenis
    sampel yang dipilih
    .
  3. Sistem Layanan Laboratorium Lingkungan berhasil memenuhi semua kebutuhan fungsional dan dapat digunakan cukup mudah oleh pelanggan berdasarkan pengujian yang telah dilakukan .
Daftar Pustaka

“BLH Jombang,” 2016. [Online]. Available: http://blhjombang.ppejawa.com/32_tugas_pokok_dan_fungsi.html.

P. P. J. Timur, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 10 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Jawa Timur, 2008.

UU No. 23 Tahun 1997, Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. 1997.

A. S. Ahmadiyah, “Analysis and Design of Groundwater Quality Monitoring Application,” IEEEXplore, pp. 127–130, 2015.

Carawebs.info, “Cara Web,” carawebs.info, 2017. [Online]. Available: http://www.carawebs.info/2013/04/apa-itu-php.html.

Laravel, “Laravel,” 2017. [Online]. Available: https://laravel.com/docs/5.4.

Sumber

Judul: Rancang Bangun Sistem Layanan Laboratorium Lingkungan pada Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Penyusun: Relaci Aprilia Istiqomah, Siti Rochimah dan Adhatus Solichah Ahmadiyah, Departemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *