4 Alasan Memilih Jurusan Teknik Kimia

Ada 4 alasan utama yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendaftar ke Jurusan Teknik Kimia seperti yang dikutip dari www.ceb.cam.ac.uk:

  1. Insinyur Teknik Kimia memiliki berbagai keterampilan Seorang insinyur Teknik Kimia memiliki pengetahuan teknis dalam bidang kimia, biokimia, ilmu rekayasa, ilmu bahan, dan teknologi informasi. Mereka juga memiliki pengetahuan tentang ekonomi, manajemen, keselamatan kerja dan lingkungan. Kemampuan lain yang dimiliki insinyur Teknik Kimia adalah melihat sebuah proses secara lengkap, sehingga pada umumnya mereka memiliki kemampuan melihat permasalahan secara komprehensif serta mampu menganalisis untuk mencari solusi permasalahan tersebut.
  2. Insinyur teknik Kimia memiliki banyak peluang karir, memulai dari riset, desain proses industri dan pabrik, bekerja sebagai operation engineer di lapangan, berperan sebagai environment engineers, menjadi sales engineers untuk menjual produk-produk bahan kimia atau menduduki jabatan di manajemen perusahaan.
  3. Pekerjaan insinyur Teknik Kimia tidak hanya terbatas pada industri kimia
    Insinyur Teknik Kimia dipekerjakan dalam berbagai perusahaan, baik perusahaan skala kecil maupun skala besar, dan tidak selalu berkaitan dengan industri kimia. Banyak lulusan Teknik Kimia yang bekerja di industri lain, termasuk diantaranya bidang konsultan manajemen dan bidang keuangan. Keberhasilan di bidang selain industri kimia ini dikarenakan lulusan Teknik Kimia umumnya memiliki kemampuan dalam menganalisis permasalahan serta mencari solusi permasalahan.
  4. Insinyur Teknik Kimia bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik
    Banyak kebutuhan sehari-hari yang sangat terkait dengan pekerjaan insinyur Teknik Kimia, termasuk dalam industri energi, industri pangan, industri farmasi, consumer goods, unit pengelolaan limbah, dan lain-lain. Oleh karena itu, insinyur Teknik Kimia juga memiliki peran penting dalam mencegah dan mengatasi kelaparan, menanggulangi penyakit, serta mengembangkan teknologi alternatif untuk mengurangi polusi, hujan asam, dan efek rumah kaca. Di samping itu, insinyur Teknik Kimia juga dapat berperan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyuluhan bagi industri kecil, khususnya untuk memberi gambaran penerapan teknologi tepat guna yang dapat memperbaiki mutu produk yang dihasilkan dan meningkatkan efisiensi produksi.

 

Baca juga : Definisi & Lingkup Teknik Kimia

Sumber : Kuliah jurusan apa ? Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia, Arini Tathagati Gramedia , Jakarta, 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *