8 Minat dan Kemampuan Yang Sebaiknya Dimiliki di Program Studi Teknik Kimia

Dari gambaran kurikulim yang diajarkan di program studi Teknik Kimia, terlihat bahwa mata kuliah yang diajarkan sangat beragam dan komprehensif. Bidang ilmu yang terlibat cukup banyak dengan ilmu utama, mencakup kimia, fisika, matematika, biologi dan komputasi. Di samping bidang ilmu utama tersebut, ilmu Teknik Kimia juga melibatkan bidang ilmu lain seperti ekonomi dan manajemen. Dengan banyaknya bidang ilmu yang terlibat, dapat dikatakan bahwa bidang ilmu Teknik Kimia merupakan disiplin ilmu rekayasa (engineering) yang memiliki spektrum ilmu paling lebar.

Agar berhasil dalam mengikuti program studi Teknik Kimia, berikut adalah minat dan kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh calon mahasiswa:

Minat dalam Matematika

Kurang lebih 75% dari bidang ilmu Teknik Kimia melibatkan perhitungan matematika. Dalam berbagai pelajaran di program studi Teknik Kimia, penjelasan mengenai berbagai proses yang terjadi (perpindahan massa, perpindahan energi, kecepatan reaksi kimia) dideskripsikan dalam bentuk persamaan matematika. Walaupun saat ini untuk melakukan perhitungan dilakukan dengan bantuan komputer, namun seorang insinyur Teknik Kimia harus dapat melakukan analisis untuk menghasilkan pemodelan proses dalam bentuk persamaan matematika, yang kemudian digunakan untuk memprogram komputer tersebut. Olehkarena itu dalam memahami hal tersebut akan sangat terbantu jika seorang calon mahasiswa menguasai matematik dengan baik.  Dengan demikian juga dalam merancang peralatan untuk unit operasi dan unit proses, banyak menggunakan persamaan matematika, sehingga minat dan penguasaan terhadap matematika merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar di program studi Teknik Kimia.

 

Minat dalam Pelajaran Kimia

Salah satu tugas dari insinyur Teknik Kimia adalah merancang langkah-langkah proses produksi dan unit operasi atau uni proses yang terkait dengan langkah proses produksi terebut. Untuk melakukan tugas itu, insinyur Teknik Kimia harus mengetahui dan memahami karakteristik berbagai jenis bahan yang akan digunakan sebagai bahan baku proses produksi, serta mengetahui bagaimana proses terjadinya reaksi kimia dari bahan baku proses menjadi produk.

Memiliki minat dalam pelajaran kimia saat di SLTA akan sangat membantu dalam memahami berbagai karakteristik bahan baku proses produksi ini. Selain itu, dasar ilmu kimia di SLTA juga akan memudahkan dalam memahami pemilihan bahan yang tepat untuk peralatan unit operasi dan unit proses, serta bagaimana pencegahan terhadap risiko terjadinya korosi pada peralatan pabrik.

Minat dalam Pelajaran Fisika

Walaupun bernama “Teknik Kimia”, dalam kenyataannya banyak mata kuliah wajib yang dipelajari di program studi Teknik Kimia berkaitan dengan Fisika, seperti Termodinamika, Peristiwa Perpindahan, dan Mekanika Fluida.

Salahs atu bagian dari pelajaran Fisika yang sangat penting dan selalu terpakai dalam menempuh pendidikan di program studi Teknik Kimia adalah mengenai besaran dan satuan. Dalam bidang Fisika, “besaran” adalah sesuatu yang bisa diukur dan dapat dinyatakan dalam bentuk angka. Sedangkan “satuan” adalah pembanding yang menyatakan ukuran dari besaran tersebut. Sebuah besaran harus menggunakan satuan agar dapat dijelaskan dengan tepat.

Minat dalam Pelajaran Biologi

Dalam program studi Teknik Kimia, bidang ilmu biologi sangat terkait dengan sub-program studi Teknik Bioproses dan Teknologi Pangan, di mana terdapat mata kuliah yang sangat berkaitan dengan reaksi kimiawi atau proses konversi kimia yang dilakukan oleh mikroorganisme, seperti proses fermentasi. Hal yang dipelajari juga mencakup biomolekul dan sistem energi dalam sel, teknologi enzim, serta bagaimana mengaplikasikan ilmu bioproses dalam skala industri. Untuk memudahkan mengikuti mata kuiah tersebut, memiliki minat dalam pelajaran Biologi, khususnya dalam topik mikrobiologi, akan sangat membantu.

 

Wawasan dalam Ilmu Ekonomi

Salah satu tugas Insinyur Teknik Kimia dalah melakukan analisis kelayakan keekonomian dari sebuah proses atau pabrik. Untuk melakukan analisa tersebut, diperlukan wawasan dalam ilmu ekonomi, khususnya pemahaman mengenai indikator-indikator yang menunjukkan sebuah proses atau pabrik layak untuk dibangun atau tidak. Beberapa indikator yang saling digunakan dalam analisis kelayakan ilmu ekonomi antara lain adalah:

  • Cost of Money
  • Present Value
  • Return on Investment
  • Payout Period
  • Discounted Cash Flow

kemampuan Membaca Pemahaman

“Membaca pemahaman” dapat didefinisikan sebagai kegiatan membaca untuk memahami makna yang terkandung dalam teks, tabel, diagram, atau grafik. Hal ini penting di bidang ilmu Teknik Kimia, karena banyak data laboratorium dan engineering yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram atau grafil. Keunggulan penyajian data melalui tabel, diagram atau grafik adalah untuk menyampaikan gagasan yang kompleks menjadi lebih sederhana, serta informasi yang disajikan menjadi lebih cepat dan lebih mudah untuk dibaca. Oleh karena itu, kemampuan membaca tabel, diagram dan grafik akan sangat membantu dalam hal ini.

Kemampuan Berbahasa Inggris

Saat ini, sebagian besar textbook yang digunakan di program studi Teknik Kimia ditulis dalam bahasa Inggris. Beberapa buku memang sudah diterjemahkan, namun pengalaman menunjukkan bahwa membaca textbook dalam bahasa aslinya akan membuat isinya lebih mudah dipahami dibandingkan membaca terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Selain textbook, banyak referensi bidang ilmu Teknik Kimia seperti artikel dari majalan, jurnal, atau informasi dari internet yang masih menggunakan bahasa inggris, sehingga memiliki kemampuan berbahasa inggris akan sangat membantu untuk memahami isi referensi tersebut.

Kemampuan berbahasa inggris juga akan membantu kamu ketika lulus kuliah dan hendak melamar pekerjaan. Penguasaan terhadap bahasa inggris tidak hanya diperlukan ketika melamar pekerjaan di perusahaan internasional, karena saat ini banyak perusahaan lokal, termasuk BUMN, yang juga mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris pada calon karyawannya.

Kemampuan Menggunakan Komputer

Memiliki kemampuan menggunakan komputer, khususnya software spreadsheet seperti Microsoft Excel atau OpenOffice Calc, sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas di program studi Teknik Kimia. Saat ini software spreadsheet cukup mudah dan user friendly untuk digunakan, dimana kamu bisa melakukan perhitungan dengan function yang sudah tersedia atau dengan formula yang kamu kembangkan sendiri.

Dalam tugas-tugas di laboratorium, software spreadsheet sangat membantu untuk melakukan perhitungan statistika data hasil eksperimen serta membuat berbagai grafik untuk melihat tren data dan melakukan regresi. Sedangkan dalam tugas-tugas perancangan pabrik, software spreadsheet sangat membantu dalam melakukan pemodelan dan simulasi proses kimia menggunakan metode numerik, serta membantu dalam perhitungan menentukan spesifikasi peralatan berdasarkan kondisi proses yang diinginkan. Spreadsheet juga dapat membantu dalam perhitungan statistik data hasil praktikum di laboratorium.

Selain menggunakan software spreadsheet, software yang juga banyak digunakan di program studi Teknik Kimia adalah sebagai berikut:

  • Software bahasa pemrograman seperti MATLAB, untuk pemodelan persamaan matematika untuk peroses fisik dan proses kimia.
  • Software simulasi proses seperti HYSIS

Sumber : Tathagati Arini, 2015, Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia, PT Gramedia Pustaka Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *