Definisi & Lingkup Teknik Kimia

Teknik Kima (Chemical Engineering) adalah cabang imu teknik atau rekayasa (engineering) yang mempelajari bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna. Ilmu Teknik Kimia dapat diaplikasikan dalam perancangan dan pemelharaan proses proses kimia, baik dalam skla kecil (misal untuk riset ) maupun dalam skala besar (misal pabrik atau kilang). Dapat dikatakan ilmu teknik kimia adalah termasuk imu teknik untuk membangun sebuah pabrik, termasuk menentukan produk apa yang akan dibuat, bahan baku apa yang akan digunakan, proses pembuatannya , kapasitas pabrik serta jenis dan ukuran peralatan yang akan digunakan.

Sebagai implikasinya, banyak barang sekitar kita yang merupakan produk implementsi ilmu teknik kimia, termasuk diantaranya kertas, tinta, tekstil, kosmetik, obat obatan, sabun mandi, pasta gigi, minyak goreng, plastik, bahan bakar, pupuk, minyak sawit mentah (CPO) dan lain sebagainya.

Definisi resmi mengenai ilmu Teknik Kimia yang diberikan American Institute of chmeical engineering adalah sebagai bekitu : Chamical Engineering adalah cabang ilmu engineering yang mempelajari tentang pengembangan dan aplikasi dari proses proses manufaktur yang melibatkan perubahan kima atau fisika. Proses ini biasanya disusun menjadi rangkaian unit operasi perubahan fisika (unit operation) dan proses konversi kimia (unit process). Pekerjaan Chemical engineering berhubungan terutama dengan perancangan, konstruksi, pengoperasian peralatan serta kilang dimana unit operasi dan unit proses tersebut diaplikasikan. Ilmu kimia, ilmu fisika dan matematika adalah ilmu dasar dalam chemical engineering , sedangkan ilmu ekonomi merupakan panduan dalam praktiknya.

Sumber :

Kuliah jurusan apa ? Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia, Arini Tathagati Gramedia , Jakarta, 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *