Pilihan Karier Jurusan Teknik Lingkungan

Seorang lulusan Teknik Lingkungan memiliki kesempatan untuk berkarier di berbagai bidang. Mulai dari lembaga-lembaga pemerintah, pendidikan, lembaga nonpemerintah, dunia swasta, hingga menjadi technopreuner, dll.

Pemerintahan

Di dunia pemerintahan, untuk di tingkat pusat, lulusan Teknik Lingkungan tidak hanya bisa berkarier di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun juga bisa di lembaga-lembaga lain yang berhubungan misalnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perindustrian, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dll.

Sementara di tingkat daerah (Privinsi, Kabupaten/Kota), seorang lulusan Teknik Lingkungan juga dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi di Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya, Dinas Pengairan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA/BAPPEKAB), dan lain-lain.

Bahkan saat ini sudah banyak para lulusan TL dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang menduduki berbagai jabatan penting baik di tingkat pusat yakni di kementerian hingga institusi pemerintah di daerah.

BUMN/BUMD

Lulusan Teknik Lingkungan juga dibutuhakn di banyak BUMN. Hingga saat ini banyak lulusan Teknik Lingkungan tersebar di sejumlah BUMN seperti Pertamina, PLN, PDAM dan lain-lain. Ke depan, bidang ini masih akan terus membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan apalagi kesadaran tentang pentingnya sustainability akan makin terbentuk.

Pendidikan

Semakin dirasakan kelestarian lingkungan, semkain dibutuhkan pula tenaga dengan latar belakang Teknik Lingkungan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut saat ini makin banyak pula institusi pendidikan yang membuka jurusan Teknik Lingkungan. Itu berarti dibutuhkan pula tenaga pendidiknya. Disini terbuka peluang bagi para lulusan jurusan Teknik Lingkungan untuk dapat berperan.

NGO

Ingin merasa lebih independen dalam mengabdi bagi kepentingan lingkungan? Atau berkiprah secara langsung menyentuh masyarakat? Nah, bergabung di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat atau NGO bisa menjadi pilihan. Sampai saat ini, banyak lulusan Teknik Lingkungan yang berkarya di lembaga-lembaga berskala nasional maupun internasional yang terkait lingkungan misalnya Greenpeace, WWF, WALHI, dll.

Entrepreneur

Sudah bukan zamannya para lulusan perguruan tinggi menunggu atau hanya mencari pekerjaan. Lulusan perguruan tinggi seharusnya juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Saat ini banyak lulusan Teknik Lingkungan yang menciptakan lapangan pekerjaan tetap sesuai bidangnya dengan mendirikan perusahaan konsultan atau kontraktor yang menggarap pekerjaan-pekerjaan bidang lingkungan.

Sektor Swasta

Semakin ke depan makin banyak peluang kerja lulusan Teknik Lingkungan yang berasal dari swasta, baik itu sektor industri, jasa dll. Tak heran karena bidang Teknik Lingkungan dibutuhkan di setiap sektor usaha, terutama industri yang biasanya di berikan posisi Healt Safety and Environment (HSE), dimana keberlangsungan perusahaan dan tanggung jawab lingkungan perusahaan berada di bawah kendali SDM di departement HSE.

Sumber

Judul: Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Penulis: Wdyanti Yuliandari

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *